Revoluzine Blogger

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Maulydia Taysa Novella

Maulydia Taysa Novella

Mengenai Saya

Maulydia Tasya Novella lahir pada 1994, di kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. saya dibesarkan oleh kedua orang tua, ibunda saya Helmy Hartati yang merupakan seorang perawat di Rumah Sakit Zainal Abidin, Banda Aceh. Ayahanda saya Mahfuz, seorang wiraswasta. mereka adalah pahlawan yang sangat berjasa. saya adalah satu dari sekian banyak blogger Indonesia yang menggunakan blog sebagai wahana pembelajaran online dan memberikan beberapa materi yang terdapat di blog saya untuk dapat digunakan oleh orang lain dengan segala manfaatnya. Maulydia Tasya Novella merupakan seorang siswi MIN Banda Aceh yang meneruskan pendidikannya ke MTsN Banda Aceh dan sekarang di SMA Fatih Tengku Nyak Arief Banda Aceh.. insya Allah saya akan meneruskan pendidikan saya ke Fakultas Kedokteran UGM. amin.

Download

Blogger Tricks

Blogger Themes

Entri Populer

Status Dieng naik menjadi SIAGA (Level 3)

Ststus Dieng dinaikkan menjadi SIAGA (Level 3) oleh Badan geologi setelah dilakukan evaluasi aktifitasnya yang meningkat. Dibawah ini cuplikan dari surat yang dikeluarkan oleh Badan Geologi mengenai peningkatan status G Dieng ini.

:( “Wah Pakdhe, tadi malam sebenernya sudah denger beritanya ya ?”

:D “Iya Thole tetapi penumpang kan tidak boleh mendahului supir”

Dalam peenjelasannya, Badan Geologi mendasari pada pengamatan Visual, Kegempaan, serta Gas CO2.

Gunungapi Dieng secara geografis terletak pada 70 54’ LS dan 1090 54’ BT dan secara administrasi termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Pada tanggal 23 Mei 2011, pukul 14:00 WIB, status kegiatan Gunungapi Dieng dinaikkan dari Normal ke Waspada. Catatan erupsi freatik terakhir Gunung Dieng terjadi di Kawah Sileri pada 27 September 2009 pukul 00.05 WIB berupa semburan lumpur.
PEMANTAUAN
Visual
http://www.ulb.ac.be/sciences/cvl/DKIPART1.pdf

Lokasi Kawah Timbang (tanda X) sebelah kiri atas.

Pemantauan secara visual terhadap Kawah Timbang, sejak tanggal 22 Mei 2011 mulai teramati hembusan asap kawah berwarna putih tipis ketinggian sekitar 20 meter dengan perioda kemunculan berkisar antara 15 – 30 menit

Sejak 29 Mei 2011, pukul 06:00 – 16:14 WIB, teramati aliran gas dari Kawah Timbang sejauh 50 meter kearah selatan melalui lembah. Setelah dilakukan pengecekan (semua Pengamat menggunakan masker), teramati tumbuhan tampak kering terkena gas dan dijumpai burung mati (diambil sebagai bukti/sample). Dilakukan pengecekan di Jembatan Sumberejo menggunakan kelinci, gas berbahaya belum mencapai Jembatan Sumberejo, sebagai bukti, kelinci tetap hidup. Hingga saat ini (29 Mei 2011, pukul 18:02 WIB) teramati asap tipis keluar dari Kawah Timbang mengalir kearah Selatan.

Kawah Sileri Kawah Sinila, Kawah Siglagah, Kawah Condrodimuko dan Kawah Sikidang tidak terjadi perubahan secara visual.
Kegempaan

Dalam periode 18-22 Mei 2011, terekam 62 kejadian gempabumi Vulkanik Dalam, 59 kejadian gempabumi Vulkanik Dangkal, 3 kejadian Gempabumi Tektonik Jauh dan 1 (satu) kejadian Gempabumi Tektonik Lokal.

Pada tanggal 29 Mei 2011 pukul 00:00 hingga 06:00 WIB, terekam 5 kejadian Gempabumi Vulkanik Dalam, 3 kejadian Gempabumi Tektonik Lokal dan 2 kejadian Gempabumi Tektonik Jauh. Pada pukul 06:02 WIB, terekam Gempabumi Terasa MMI 2, kemudian diikuti serentetan Gempabumi Vulkanik kecil-kecil yang merupakan Gempabumi Vulkanik Dangkal.
Gas CO2

Pada status Waspada konsentrasi gas CO2 di Kawah Timbang mencapai 0,106 % volume Pada 28 Mei 2011, tiba-tiba terjadi peningkatan konsentrasi gas CO2.
KESIMPULAN

Berdasarkan hasil pemantauan secara visual, gas CO2 dan kegempaan di G. Dieng terjadi peningkatan aktivitas vulkanik. Maka terhitung mulai tanggal 29 Mei 2011 pukul 20:45 WIB, status G. Dieng dinaikkan dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III)

Pemantauan aktivitas G. Dieng dilakukan secara intensif oleh Tim Tanggap Darurat G. Dieng.

Dilakukan koordinasi secara menerus dengan BNPB, BPBD Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang dan seluruh pemangku kepentingan.
REKOMENDASI

Sehubungan dengan peningkatan status dari Waspada menjadi Siaga Gunung Dieng maka direkomendasikan sebagai berikut :

Masyarakat dilarang beraktivitas dalam radius 1000 meter dari Kawah Timbang, mengingat ancaman bahaya gas beracun yang berbahaya bagi kehidupan, dengan sifat tidak tampak dan tidak berbau, yang setiap saat dapat terjadi.

Masyarakat agar tetap tenang, tidak terpancing isyu-isyu terkait dengan aktivitas Gunung Dieng yang tidak jelas sumbernya. Untuk itu masyarakat dapat berkoordinasi dengan Pos Pengamatan G. Dieng, dengan alamat Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, atau dengan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Batang, atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Bandung.

Sumber berita : “Badan geologi”

sumber: http://rovicky.wordpress.com

Facebook Twitter RSS